Search

Investor Mulai Optimistis, Sinyal IHSG Bakal Hijau Lagi - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Kinerja bursa saham domestik tercermin pada Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di perdagangan awal pekan ini, Senin (6/4/2020) berpotensi menguat setelah selama sepekan lalu terapresiasi 1,71%. Investor menyambut positif stimulus pemerintah untuk meredam dampak ekonomi wabah virus corona.

Moody's Investors Service menilai kebijakan pemerintah menaikkan defisit APBN terhadap PDB menjadi 5,07% dapat mempertahankan kepercayaan investor terhadap pemerintah.

Sebelumnya, pada penutupan perdagangan Jumat (3/4/2020) bursa saham Tanah Air IHSG menguat 2,02% ke level 4.623,43 dengan rentang harga tertinggi 4.623,43 dan terendah 4.531,81, karena stimulus fiskal yang digelontorkan pemerintah memberikan harapan bagi para pelaku pasar.

Berdasarkan data dari Bursa Efek Indonesia (BEI), nilai transaksi pada perdagangan Jumat kemarin sebesar Rp 6,62 triliun, dengan investor asing melakukan aksi jual bersih (net sell) Rp 14,61 miliar di pasar reguler dan negosiasi.

Saham-saham yang mendorong kenaikan di antaranya PT Repower Asia Indonesia Tbk (REAL) (34,43%), PT Delta Dunia Makmur Tbk (DOID) (25,69%), PT Smartfren Telecom Tbk (FREN) (22,58%), Sedangkan PT Barito Pacific Tbk (MEDC) (20,48%) dan PT Summarecon Agung Tbk (SMRA) (19,10%).

Sementara dari bursa saham Amerika Serikat (AS) kontrak berjangka (futures) pada perdagangan awal pekan mencatatkan kenaikan dipicu oleh optimisme investor terhadap upaya pemerintahan Presiden Donald Trump dalam memerangi wabah virus corona.

Investor miliarder Bill Ackman, pendiri Pershing Square Capital Management, mengatakan dalam serangkaian tweet dia "mulai mendapatkan optimisme." Dia mengatakan kasus di New York, hot spot untuk virus corona di AS, "mencapai puncaknya" sementara beberapa perawatan "tampaknya membantu." Dilansir dari CNBC Internasional.

"Jika ini benar, tingkat keparahan dan kematian bisa jauh lebih rendah dari yang diperkirakan, dan kita bisa lebih dekat dengan kekebalan kelompok daripada yang diproyeksikan," Ackman juga mengatakan.


"Walaupun sulit untuk menjadi positif ketika kita tahu bahwa puluhan ribu lebih akan mati dan banyak lagi akan sakit parah, saya tidak punya pilihan selain lebih optimis tentang masa depan antara berdasarkan data dan fakta yang saya lihat baru-baru ini. "

Pada catatan pukul 07:25 WIB Indeks Dow Jones Industrial Average (DJIA) melonjak 2,1% menjadi 21.396, sedangkan indeks S&P 500 naik 2,2% pada 2.537 dan indeks Nasdaq 100 menguat 2,8% menjadi 7.730.

Pada perdagangan pagi ini Senin (6/4/2020) rebound di bursa saham Wall Street futures (kontrak berjangka) kemungkinan menjadi daya dorong tambahan IHSG untuk mempertahankan penguatan.

[Gambas:Video CNBC]

Foto: Revinitif

 

Analisis Teknikal
Pergerakan IHSG dengan menggunakan indikator Boillinger Band (BB) melalui metode area batas atas (resistance) dan batas bawah (support), cenderung melanjutkan pergerakan ke atas (bullish) setelah menyentuh garis pivot. Mencoba melewati level resistance di 4.660 dan berlanjut ke area 4.745. Sementara support berada di 4.560 hingga area 4.470.

Sementara indikator Commodity Channel Index (CCI) sebagai sinyal beli atau jual terlihat masih bergerak ke atas, tercermin dari garis CCI yang sudah berada di dekat batas pivot dari CCI. Begitu juga dengan indikator Moving Average Convergen Divergen (MACD) dengan garis MA yang sudah saling berpotongan di bawah area jenuh jual (oversold) menandakan rebound.

Secara keseluruhan, dari fundamental yang positif merespon serangkaian stimulus yang dikucurkan pemerintah serta rebound di futures wall street memberikan keoptimisan investor. Dikombinasikan dengan teknikal yang mencoba menembus area resistance. Maka pergerakan IHSG selanjutnya diprediksi untuk menguat.

Perlu melewati (break) salah satu level resistance atau support, untuk melihat arah pergerakan selanjutnya.

 

TIM RISET CNBC INDONESIA

(har/har)

Let's block ads! (Why?)



Bisnis - Terbaru - Google Berita
April 06, 2020 at 08:09AM
https://ift.tt/2JJFj8K

Investor Mulai Optimistis, Sinyal IHSG Bakal Hijau Lagi - CNBC Indonesia
Bisnis - Terbaru - Google Berita
https://ift.tt/34Gk0OK

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Investor Mulai Optimistis, Sinyal IHSG Bakal Hijau Lagi - CNBC Indonesia"

Post a Comment


Powered by Blogger.